Tips Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka Diabetes

Tips Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka Diabetes

Kita semua memiliki luka: luka, goresan atau gesekan yang menghancurkan kulit. Kebanyakan luka pada orang sehat sembuh dengan cepat bila tetap bersih dan bebas dari infeksi, sementara jenis luka lain yang lebih serius sering memerlukan intervensi medis.

Luka diabetes merupakan salah satu luka yang cukup sulit disembuhakan, dibutuhkan perawatan yang sangat baik dan perubahan gaya hidup maksimal untuk mendukung penyembuhan kondisi ini. Pemilihan makanan dan status gizi dapat berpengaruh terhadap penyembuhan luka. Penyembuhan luka membutuhkan energi, vitamin, mineral dan protein.

Tanda dan Gejala Luka Diabetes

Luka diabetes mungkin dapat diketahui dengan tanda-tanda dan gejala berikut:
  • Sakit kronis atau benar-benar menyakitkan
  • Tanda-tanda peradangan (pembengkakan, kemerahan, panas, dan rasa sakit)
  • Tanda-tanda infeksi (pus drainase, debit, bau busuk dan jaringan mati)
  • Mati rasa dan menghitam (tanda-tanda kerusakan saraf)
  • Demam dan / atau kedinginan (tanda-tanda semakin memburuknya infeksi yang berbahaya atau bahkan mengancam jiwa)

Tips Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka Diabetes

  1. Prioritas pertama adalah untuk makan cukup kalori dari diet seimbang dari makanan bergizi. Rencana sehat, makan makanan seimbang dan makanan ringan yang mencakup banyak makanan dari semua kelompok makanan seperti buah-buahan, sayuran, susu dan biji-bijian.
  2. Sertakan jumlah optimum dari protein. Dapatkan 20 sampai 30 gram protein setiap kali makan dan 10 sampai 15 gram protein dari masing-masing makanan ringan. Sepotong ayam dimasak, daging tanpa lemak atau ikan ukuran sekitar 3 ons mengandung 20 sampai 25 gram protein. Satu telur, 1 sendok makan selai kacang dan 1 ons keju masing-masing berisi 6 sampai 7 gram protein. Satu cangkir susu rendah lemak atau yogurt mengandung 8 gram protein.
  3. Tetap terhidrasi dengan air dan minum minuman tanpa gula lainnya seperti teh, kopi, jus buah 100 persen dan susu, yang juga mengandung protein.
  4. Beberapa luka mungkin memerlukan asupan tinggi vitamin dan mineral tertentu. Bicarakan dengan ahli gizi atau ahli diet untuk merencanakan diet Anda termasuk kalori, protein, cairan, vitamin dan mineral untuk kebutuhan spesifik Anda.
  5. Bagi penderita diabetes, mengontrol kadar gula darah adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati luka. Bekerjasama dengan dokter, ahli gizi atau ahli diet untuk mengatur rencana diet yang benar untuk Anda.

Pengobatan Luka Diabetes

Pengobatan terbaik adalah pencegahan, karena perawatan medis untuk luka diabetes memberikan bantuan terbatas. Jika luka terjadi, pengobatan dapat mencakup:
  • Menjaga semua luka tetap bersih dan berpakaian dengan benar
  • Antibiotik (untuk luka yang terinfeksi atau sebagai tindakan pencegahan untuk luka berisiko terinfeksi)
  • Bedah debridement (jaringan yang mati atau terinfeksi dihilangkan untuk memungkinkan regenerasi dan menyembuhkan jaringan yang rusak)
  • Rujukan ke ahli penyakit kaki atau pusat perawatan luka (untuk pasien dengan kapalan, hammertoes, bunions, masalah kuku atau borok non-kronis)
  • Amputasi anggota tubuh (untuk mencegah bahaya dan dampak buruk bila ada infeksi serius)

Pencegahan

Pencegahan luka diabetes sangat penting bagi pasien diabetes untuk menjamin kehidupan yang sehat normal dan aktif. Penting untuk diingat bahwa luka diabetes dapat mengancam kehidupan dalam beberapa kasus. Pencegahan harus dimulai dengan:
  • Mengontrol diabetes dengan mengikuti recommendatrions dokter Anda untuk perawatan dan gaya hidup modifikasi yang mencakup diet yang sehat , olahraga teratur, berhenti merokok dan pemantauan berkala kadar glukosa darah
  • inspeksi harian dan pembersihan ekstremitas karena mereka lebih rentan terhadap bisul dan luka
  • Hati-hati pemangkasan kuku dengan pemangkas kuku yang aman (lihat ahli jika pasien membutuhkan perawatan ekstra atau jika ada lesi kulit
  • Selalu memakai kering, kaus kaki bersih untuk membantu melindungi kaki Anda, dan tidak pernah berjalan tanpa alas kaki (menghindari kaus kaki ketat yang dapat mengurangi sirkulasi darah ke kaki)
Demikian informasi mengenai Tips Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka Diabetes. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar