Kista di Tenggorokan - Penyebab dan Gejalanya

Kista di Tenggorokan - Penyebab dan Gejalanya - Kista adalah kantung balon-seperti jaringan, yang diisi dengan cairan. Beberapa kista terbentuk sebagai terakumulasi cairan di jaringan normal, sementara beberapa kista berasal dari yang abnormal nanah atau abses diikuti oleh pembentukan bertahap. Sumber: Obat Kista Di Apotik
Kista di tenggorokan membutuhkan perhatian segera, karena tenggorokan adalah daerah yang sangat sensitif. Setiap penyumbatan gas-exchange berpotensi masalah serius. Meskipun berisiko untuk melakukan operasi untuk menghilangkan kista ini, tapi upaya harus dilakukan untuk mengetahui sifat patologis dari kista. Hal ini dapat dicapai dengan bantuan prosedur kecil yang disebut FNAC (Fine Needle Aspiration Sitologi).
Dalam teknik ini, sebuah jarum halus dilewatkan ke kista dan cairan ditarik, yang kemudian diperiksa di bawah mikroskop. Jika diperlukan, biopsi kecil juga dapat mencoba untuk pemeriksaan histopatologi. Kadang-kadang, hal itu juga mungkin untuk dekompresi dan menguras kista saat melakukan FNAC. Dalam hal itu membutuhkan operasi pengangkatan, yang pasti akan menjadi prosedur yang sulit.

Kista di Tenggorokan - Penyebab dan Gejalanya


Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan adalah:
  • Usia pasien
  • Kedekatan kista pada pita suara dan saluran udara
  • Ukuran kista tersebut
  • Apa saja penyakit yang mendasari seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dll

Sebagian besar, kista tidak bergejala dan tidak memerlukan intervensi. Seiring waktu, kista perlahan-lahan mengurangi ukuran dan akhirnya menghilang sendiri. Namun, kadang-kadang ada gejala yang terjadi.
Gejala Kista di Tenggorokan
Kista di dalam tenggorokan dapat menyebabkan kesulitan dalam tugas-tugas penting seperti bernapas atau menelan makanan. Ini dapat menghasilkan perasaan obstruktif. Komplikasi umum yang biasa terjadi adalah:
  • Mungkin terinfeksi.
  • Mungkin tumbuh sampai ukuran besar dan memberikan tekanan pada jaringan sekitarnya.
  • Mungkin menjadi kanker, meskipun kemungkinan ini sangat jarang terjadi.

Penyebab Kista di Tenggorokan
Sebuah jaringan limfoid pada dasarnya adalah sekelompok sel kekebalan (limfosit dan makrofag) kecil ditutupi oleh kapsul jaringan ikat. Ia menangkap virus, alergen, bakteri dan penjajah lainnya memasuki tubuh melalui tenggorokan. Setiap kali infeksi memasuki tenggorokan, sel-sel getah bening ini menjadi aktif dan membengkak. Pembengkakan tersebut dapat hadir sebagai kista tenggorokan. Kista tersebut dikelilingi oleh daerah peradangan atau kemerahan. Penderita biasanya mengalami rasa sakit di tenggorokan atau kesulitan menelan.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar