Fakta dan Mitos Tentang Diabetes

Fakta dan Mitos Tentang Diabetes

Banyak berita yang menyebar luas di internet dan media informasi lainnya tentang diabetes. Banyak pula fakta dan mitos yang menyebar mengenai penyakit ini. Berikut adalah beberapa mitos diabetes:

Fakta dan Mitos Tentang Diabetes


  • Orang dengan diabetes jangan berolahraga - TIDAK BENAR !! Olahraga ini penting bagi penderita diabetes. Olahraga akan membantu mengelola berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan suasana hati, membantu mengontrol gula darah, dan mengurangi stres. Pasien harus mendiskusikan olahraga yang tepat dengan dokter.
  • Orang gemuk selalu mengembangkan diabetes tipe 2 - TIDAK BENAR !! Kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko diabetes, mereka merupakan faktor risiko, tetapi tidak berarti bahwa orang yang gemuk pasti akan mengalami diabetes. Banyak orang dengan diabetes tipe 2 tidak pernah kelebihan berat badan. Mayoritas orang yang kelebihan berat tidak mengembangkan diabetes tipe 2.
  • Diabetes adalah gangguan, tetapi tidak serius - dua pertiga pasien diabetes meninggal sebelum waktunya akibat stroke atau penyakit jantung. Harapan hidup seseorang dengan diabetes adalah lima hingga sepuluh tahun lebih pendek dari orang lain. Diabetes adalah penyakit serius.
  • Anak-anak bisa mengatasi diabetes - TIDAK BENAR !! Hampir semua anak-anak dengan diabetes tipe 1; sel beta penghasil insulin di pankreas telah hancur. Ini tidak akan pernah kembali. Anak-anak dengan diabetes tipe 1 harus mendapatkan insulin selama sisa hidup mereka, kecuali dapat sembuh secara total.
  • Jangan makan gula terlalu banyak, Anda akan terkena diabetes - TIDAK BENAR !! Seseorang dengan diabetes tipe 1 mengembangkan penyakit karena sistem kekebalan tubuh mereka menghancurkan sel beta penghasil insulin. Diet tinggi kalori, yang bisa membuat orang kelebihan berat badan / obesitas, meningkatkan risiko mengembangkan diabetes tipe 2, terutama jika ada riwayat penyakit ini dalam keluarga.
  • Aku tahu kapan kadar gula darah saya tinggi atau rendah - kadar gula darah sangat tinggi atau rendah dapat menyebabkan beberapa gejala, seperti kelemahan, kelelahan dan haus yang berlebihan. Namun, tingkat ini perlu berfluktuasi banyak untuk gejala yang dirasakan. Satu-satunya cara untuk memastikan tentang kadar gula darah Anda adalah untuk mengujinya secara teratur. Peneliti dari University of Copenhagen, Denmark menunjukkan bahwa tingkat glukosa darah sangat sedikit naik secara signifikan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung iskemik.
  • Diet diabetes berbeda dari orang lain - dokter diet dan ahli gizi khusus merekomendasikan untuk pasien diabetes yang sehat; sehat untuk semua orang, termasuk orang-orang tanpa penyakit. Makanan harus mengandung banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan mereka harus rendah garam dan gula, dan lemak jenuh atau trans. Para ahli mengatakan bahwa tidak ada kebutuhan khusus untuk makanan penderita diabetes.
  • Kadar gula darah yang tinggi baik-baik saja untuk beberapa orang, sedangkan untuk yang lain mereka adalah tanda diabetes - tingkat tinggi gula darah tidak pernah biasa bagi siapa pun. Beberapa penyakit, stres mental dan steroid dapat menyebabkan kenaikan sementara kadar gula darah pada orang tanpa diabetes. Siapa saja dengan kadar gula darah lebih tinggi dari normal atau gula dalam urin mereka harus diperiksa untuk diabetes oleh seorang profesional perawatan kesehatan.
  • Penderita diabetes tidak bisa makan roti, kentang atau pasta - penderita diabetes bisa makan makanan bertepung. Namun, mereka harus membatasi porsi makan mereka. Gandum dan makanan bertepung baik seperti halnya bagi orang-orang tanpa diabetes.
  • Satu orang dapat menularkan diabetes untuk orang lain - TIDAK BENAR !! Sama seperti patah kaki tidak menular. Orang tua dapat menularkan, melalui gen mereka pada anak-anak. Dan ini merupakan kerentanan tertinggi untuk terkena diabetes.
  • Hanya orang-orang yang lebih tua yang dapat terkena diabetes tipe 2 - TIDAK BENAR !! Saat ini semakin banyak anak-anak dan remaja yang terkena diabetes tipe 2. Para ahli mengatakan bahwa ini terkait dengan melonjaknya di tingkat obesitas, pola makan yang buruk, dan kurangnya aktivitas fisik.
  • Aku harus mendapatkan insulin, ini berarti diabetes saya adalah berat - orang mengambil insulin saat diet saja atau diet dengan obat diabetes suntik, lisan atau non-insulin tidak memberikan kontrol diabetes yang cukup baik, itu saja. Insulin membantu mengontrol diabetes. Ini biasanya tidak ada hubungannya dengan tingkat keparahan penyakit.
  • Jika Anda memiliki diabetes Anda tidak bisa makan cokelat atau permen - penderita diabetes bisa makan cokelat dan permen jika mereka menggabungkan mereka dengan olahraga dan makan makanan yang sehat.
  • Pasien diabetes lebih rentan terhadap pilek dan penyakit secara umum - seseorang yang terkena diabetes dengan kontrol diabetes yang baik tidak selalu mudah sakit dengan dingin atau sesuatu yang lain dari orang lain. Namun, ketika diabetes lalu pilek, diabetes mereka menjadi sulit untuk dikontrol, sehingga mereka memiliki risiko komplikasi yang lebih tinggi.
Demikian Fakta dan Mitos Tentang Diabetes yang bisa kami sampaikan, semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar