Faktor Penyebab Gatal Di Selangkangan

Faktor Penyebab Gatal Di Selangkangan

Gatal dari pangkal paha hampir sama seperti gatal lainnya pada tubuh. Biasanya gatal pada tubuh bersipat sementara dan akan cepat hilang. Tetapi gatal di selangkangan berbeda, gatal yang datang akan terjadi terus menerus dan cukup sulit atasi. Menggaruk gatal di selangkangan hanya dapat memperparah keadaan saja, menggaruk hanya akan membuat kulit lecet dan bisa mempermudah penularan ke daerah lain dari tubuh.

Mengapa gatal di selangkangan terjadi?

Pertama, penting untuk memahami daerah bahwa kata "selangkangan". Selangkangan sebenarnya adalah lipatan antara batang tubuh dan paha di kedua sisi alat kelamin. Namun, kebanyakan orang merujuk pada pangkal paha seperti seluruh daerah kemaluan, termasuk lipatan, alat kelamin dan bagian atas paha.

Selangkangan adalah salah satu area tubuh yang terus-menerus tertutup karena norma-norma sosial dan budaya di sebagian besar dunia. Bahkan selangkangan sering tertutup oleh lebih dari satu lapisan pakaian sehingga menciptakan lingkungan yang lebih hangat dan lembab dibandingkan dengan bagian lain dari tubuh.. Banyak lipatan kulit dari alat kelamin, antara paha dan dada ditambah dengan rambut yang tubuh menciptakan sebuah lingkungan yang lembab akibat keringat, sehingga sel-sel kulit mati dan kuman mudah berkembang. Hal ini semakin memberikan kontribusi untuk gatal-gatal.

Faktor Penyebab Gatal Di Selangkangan


Ada beberapa penyebab yang berbeda dari gatal di selangkangan. Ini adalah gejala dari beberapa masalah mendasar yang melibatkan kulit daerah selangkangan. Meskipun gatal di selangkangan tidak selalu disebabkan oleh penyakit kulit, gatal terus menerus dengan ruam kulit konstan atau berulang juga mungkin karena faktor gaya hidup seperti kebersihan pribadi yang buruk yang dapat menyebabkan pangkal paha gatal.

Beberapa penyebab yang lebih umum dari pangkal paha gatal meliputi:
  • Kebersihan pribadi.
  • Paparan iritasi.
  • Infeksi kulit dan infeksi menular seksual.
  • Infestasi parasit.
  • Psoriasis wilayah selangkangan, terutama invers psoriasis.
  • Dermatitis kontak.
1. Kebersihan pribadi

Buruknya kebersihan sehari-hari adalah salah satu kontributor utama dari gatal-gatal. Akumulasi keringat, sel kulit mati, bakteri, jamur dan kadang-kadang bahkan urin dan partikel kotoran di wilayah selangkangan kolektif bertindak sebagai iritan kulit. Ini mungkin tidak menimbulkan masalah dalam waktu singkat tetapi jika seseorang jarang mandi atau tidak mencuci daerah selangkangan secara menyeluruh, dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam kulit dan bahkan infeksi. Mandi setiap hari itu penting. Selain itu, pembersihan yang tidak benar dari alat kelamin dan bawah setelah buang air kecil dan buang air besar juga bisa menimbulkan masalah.

2. Iritasi

Terlepas dari sekresi tubuh alami dan ekskresi iritasi kulit, sejumlah zat lainnya juga dapat bertindak sebagai penyebab iritasi dan gatal, sabun, shampoo, lotion tubuh dan krim adalah beberapa zat umum yang dapat menimbulkan masalah. Kebanyakan orang tidak mengalami iritasi dan gatal-gatal dengan menggunakan produk ini tetapi individu hipersensitif dapat bereaksi parah dengan paparan produk ini. Berbagai bahan kimia untuk menghilangkan rambut di area selangkangan, seperti krim obat menghilangkan rambut, juga dapat mengiritasi kulit. Bahkan dengan cukur, kulit halus area selangkangan dapat menjadi jengkel. Setelah dicukur, rambut yang tumbuh juga sering menyebabkan gatal. Pakaian ketat juga dapat menyebabkan gatal.

3. Infeksi jamur

Sejumlah spesies yang berbeda dari bakteri dan jamur dapat menyebabkan infeksi pada kulit di daerah selangkangan. Beberapa virus seperti varicella zoster (virus cacar) mungkin juga menjadi salah satu penyebabnya. Gatal adalah gejala yang umum dari infeksi ini. Biasanya bakteri dan jamur tidak menginfeksi kulit kecuali ada kulit mati. Menggaruk dan gesekan kulit di pangkal paha adalah dua cara yang paling umum yang menyebabkan terjadinya peradangan. Infeksi ini juga lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki masalah kulit yang sudah ada. Gatal di selangkangan adalah infeksi dermatofita dari wilayah selangkangan umumnya dikenal sebagai kurap. Ini adalah salah satu penyebab infeksi yang lebih umum dari pangkal paha.

4. Penyakit menular seksual

Ada sejumlah penyakit menular seksual (PMS) berbeda yang dapat menyebabkan gatal di pangkal paha. Biasanya gatal dan setiap ruam kulit berhubungan dengan alat kelamin tapi kadang-kadang mungkin melibatkan daerah kemaluan sekitarnya. PMS yang lebih mungkin untuk menyebabkan gatal di selangkangan meliputi:
  • Kutil kelamin (HPV)
  • Gonorea
  • Rrichomoniasis
5. Kutu dan kudis

Kutu dan kudis adalah infestasi parasit yang dapat menyebabkan kulit gatal. Kadang-kadang parasit ini dapat mempengaruhi pangkal paha. Kutu yang berbeda dapat mempengaruhi bagian-bagian tubuh yang berbeda. Kutu kemaluan, umumnya khusus mempengaruhi daerah selangkangan. Tungau kecil Phthiriasis pubis menempel di rambut kemaluan dan yang menyebabkan gatal-gatal pada kulit. Kutu kemaluan juga menyebabkan luka pada alat kelamin bersama dengan tanda biru abu-abu kecil yang dikenal sebagai makula cerulae. Kudis adalah kutu kulit dengan tungau kecil Sarcoptes scabiei. Gatal yang terjadi adalah hasil dari tungau yang menggali ke dalam kulit. Trek liang tipis dapat terlihat di mana tungau menembus kulit dan lepuh kecil serta benjolan juga dapat hadir.

6. Psoriasis Selangkangan

Psoriasis adalah kondisi kulit kronis di mana plak menebal berkembang sebagai hasil dari pertumbuhan berlebih dari kulit. Hal ini dapat terjadi di mana saja pada tubuh dan kadang-kadang dapat mempengaruhi wilayah selangkangan. Psoriasis dapat menyebabkan kondisi kulit yang sangat gatal dan menggaruk tidak sepenuhnya meringankan gatal. Jenis psoriasis yang lebih mungkin terjadi di wilayah selangkangan adalah psoriasis inverse. Ruam kulit psoriasis inverse adalah merah cerah, mengkilap dan halus ketika disentuh. Meskipun psoriasis sudah disembuhkan, tetapi ia bisa kambuh lagi dalam beberapa minggu, bulan atau bahkan bertahun-tahun kemudian.

7. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak dapat mempengaruhi setiap bagian dari tubuh termasuk pangkal paha. Ada dua jenis dermatitis kontak - alergi dan iritasi. Dermatitis kontak alergi muncul pada orang yang hipersensitif terhadap zat tertentu yang dinyatakan tidak berbahaya. Hal ini dapat terjadi akibat kontak dengan tekstil tertentu yang digunakan untuk membuat pakaian, sabun, shampoo dan bahkan deterjen. Iritan dermatitis kontak adalah ketika zat bertindak mengiritasi kulit dan dapat mempengaruhi setiap orang bahkan jika mereka tidak memiliki alergi apapun terhadap substansi tertentu. Penyebab iritasi dapat bervariasi seperti dari keringat, urin, feses dan kosmetik, perhiasan (biasanya dengan tindikan) serta pakaian ketat yang menyebabkan gesekan. Bahkan air dapat menjadi penyebab iritasi jika daerah selangkangan tidak bersihkan dengan benar setelah mandi.

Demikian informasi mengenai Faktor Penyebab Gatal Di Selangkangan. Faktor terpenting adalah menjaga kebersihan tubuh Anda dengan baik. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih :)

Temukan rahasia Cara mengatasi gatal dan iritasi pada selangkangan
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar