Buah Dan Sayur Penurun Kolesterol Tinggi

Buah Dan Sayur Penurun Kolesterol Tinggi

Kolestrol adalah senyawa kompleks yang dihasilkan tubuh dalam hati, dan sisanya dari luar tubuh seperti dari zat makanan yang berguna bagi tubuh. Kolesterol terbagi menjadi 2 (dua) macam, yaitu :
  • LDL (low density lipoprotein) : Kolesterol jahat yang harus dihindari oleh tubuh. Kolesterol ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan tubuh.
  • HDL (high density lipoprotein) : Ini adalah jenis kolesterol baik, yang dapat mencegah kolesterol  jahat mengendap dan tidak merugikan tubuh.

Kolesterol diperlukan tubuh untuk membangun dinding sel dan membuat hormon. Kolesterol juga merupakan satu komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D.

Memiliki kolesterol tinggi dapat berakibat buruk pada kesehatan terutama organ tubuh seperti jantung dan otak. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah pada jantung seperti jantung koroner atau serangang jantung sedangkan pada otak kolesterol tinggi dapat menyebabkan stroke. Tidak hanya itu, kolesterol tinggi juga dapat mengganggu normalitas organ tubuh lainnya.

Mengingat bahaya tersebut maka kolesterol tinggi perlu diatasi sedini mungkin. Berikut ini terdapat beberapa buah dan sayur yang bisa Anda gunakan untuk membantu menurunkan kolesterol tinggi.

Buah Dan Sayur Penurun Kolesterol Tinggi


Buah Penurun Kolesterol Ttinggi
  • Anggur

Bagi Anda yang sangat menyukai anggur ini merupakan kabar baik buat Anda. Tidak hanya mempunyai rasa yang lezat dan menyegarkan, anggur juga dapat mencegah pertumbuhan jamur diadalam tubuh. Anggur  juga dapat menurunkan kolesterol tinggi karena mengandung flavonoid yang dapat mencegah penggumpalan trombosit dan mencegah kerusakan sel karena radikal bebas dan kolesterol jahat.
  • Bluberi

Blueberi memiliki kandungan antioksidan yang lebih kuat dibandingkan dengan buah lain. Antioksidan dapat meningkatkan kekebalan tubuh termasuk menjaga tubuh dari kerusakan dan berbagi penyakit seperti sel kanker. Tidak hanya itu, antioksidan didalam blueberi juga dapat menurunkan kolesterol.
  • Alpukat

Buah alpukat adalah salah satu jenis buah yang memiliki kandungan asam oleat dan juga lemak tak jenuh didalamnya. Selain itu juga kandungan serat pangan yang ada dalam buah ini dapat membantu untuk meningkatkan kolesterol baik dan membantu menurunkan kolesterol jahat. Jadi, jika Anda yang punya masalah dengan kolesterol tinggi, maka mengkonsumsi alpukat dapat menjadi pilihan terbaik.

Buah yang lezat ini juga dijadikan sebagai penurun kolesterol, hal ini dikarenakan alpukat kaya akan kandungan glutathione. Bukan itu saja, alpukat juga bisa melawan radikal bebas. 
  • Buah apel

Selain rasanya yang lezat, apel juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Apel mengandung serat larut dan tidak larut yang sangat besar. Kandungan serat didalam buah apel ini saling bekerja sama dalam proses menurunkan kolesterol tinggi, membantu mencegah arteri yang mengeras, dan juga membantu mencegah penyakit stroke dan jantung.
  • Lemon

Buah ini yang menyegarkan ini dapat membuat tubuh terbebas dari kolesterol tinggi, sodium, dan lemak berlebih. Lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjaga tubuh tetap bugar. Lemon juga menjadi salah satu sumber dari antioksidan, kandungan yang memiliki peran penting dalam mengurangi kolesterol jahat, yang dapat dibantu dengan kehadiran flavonoid. Dengan demikian, tubuh terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Stroberi

Stroberi menjadi sumber antioksidan lain yang dapat mengurangi kolesterol tinggi dan mencegahnya dari oksidasi yang dapat merusak sistem tubuh. Buah ini memang cukup sulit ditemukan di daerah perkotaan, karena jarang sekali orang yang melestarikannya di daerah perkotaan. Selain karena suhu lingkungan yang mempengaruhi, orang-orang perkotaan juga kurang tertarik di bidang pertanian.
  • Tomat

Likopen yang terdapat pada tomat dapat menurunkan kolesterol jahat.

Sayur Penurun Kolesterol Tinggi
  • Kubis

Kubis memiliki kandungan antioksidan yang kuat didalamnya. Antioksidan didalam kubis ini mampu menetralkan kolesterol secara perlahan. Selain itu kubis juga baik untuk kesehatan tubuh.
  • Wortel

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa wortel dapat menurunkan kolesterol. Wortel juga mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan Anda, terutama untuk mata. Wortel bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda.
  • Buncis

Buncis merupakan salah satu jenis sayur kacang-kacangan yang mengandung serat pangan didalamnya. Kemampuannya yang sangat baik dalam membantu mengurangi resiko kolesterol dan juga untuk membantu mencegah terjadinya kenaikan gula darah dengan cepat setelah makan.

Buncis merupakan salah satu sayuran penurun kolesterol dan juga mencegah peningkatan gula darah. Dengan mengkonsumsi buncis secara rutin dapat mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat dengan cepat. Ini karena buncis masuk dalam kategori makanan rendah lemak dan juga mengandung karbohidrat lambat serap, dengan ini juga buncis bisa dikonsumsi oleh penderita penyakit diabetes. Sayur buncis adalah salah satu jenis sayuran dengan kandungan lemak rendah didalamnya dan sebagai sumber karbohidrat yang sangat diperlukan untuk para penderita diabet dan juga resistensi insulin.
  • Seledri

Seledri memiliki kandungan antioksidan didalam seledri termasuk tinggi, dan juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung karena antioksidan didalam sayuran seledri dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat. Untuk mengambil manfaat sayuran penurun kolesterol seledri Anda bisa mengolah seledri menjadi sup, tumis atau dengan cara dijadikan jus yang nikmat.
  • Bayam

Bayam merupakan sayuran favorit banyak orang. Bayam dapat membantu mengatasi plak pada arteri. Jika Anda mempunyai kadar kolesterol tinggi maka disarankan  untuk mengkonsumsi bayam secara rutin. Selain itu, bayam juga dapat menjaga kesehatan mata.
  • Brokoli

Asam empedu dapat diserap oleh serat yang terkandung pada brokoli, hal ini dapat menurunkan kadar kolesterol secara bertahap. Selain itu, serat yang terkandung dalam brokoli juga dapat mengontrol gula darah dan juga membantu Anda dalam mengelola berat badan.

Demikian informasi mengenai Buah Dan Sayur Penurun Kolesterol Tinggi yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih.

SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar