Cara Melindungi Diri Dari Hepatitis

Cara Melindungi Diri Dari Hepatitis

Virus hepatitis memiliki banyak cara untuk menyerang tubuh, tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko terhadap infeksi ini.

Hepatitis merupakan penyakit yang menyerang hati. Ada lima jenis hepatitis: hepatitis A , B, C, D, dan E. Memahami bagaimana penyebaran dari berbagai jenis hepatitis adalah kunci pertama dari pencegahan.

Cara Melindungi Diri Dari Hepatitis


1. Tahu Bagaimana Penyebaran Hepatitis

Tergantung pada jenisnya, dua cara utama hepatitis menular dari satu orang ke orang lain dapat melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh lain yang terinfeksi, dan kontak dengan kotoran yang terinfeksi. Hepatitis A dan E diekskresikan melalui tinja orang yang terinfeksi. Anda dapat terinfeksi hepatitis A atau E jika Anda menelan makanan atau air yang terkontaminasi.

Jenis hepatitis B, C, dan D menyebar melalui kontak dengan darah yang terinfeksi. Hubungan seksual dapat menjadi jalan penyebaran yang kurang umum tetapi masih bisa menjadi salah satu penyebab dari penularan hepatitis itu sendiri.

2. Dapatkan Imunisasi Hepatitis A, B

Vaksin tersedia untuk melindungi Anda terhadap hepatitis A dan B. Berikut adalah beberapa jenis vaksin yang tersedia:
  • Vaksin Hepatitis A (Havrix dan Vaqta): ini diberikan 2 kali setiap enam bulan.
  • Vaksin Hepatitis B (Recombivax HB, Comvax dan Engerix-B): Vaksin ini dibuat dari virus yang dilemahkan dan diberikan dalam  tiga atau empat kali lebih dari enam bulan.
  • Kombinasi vaksin hepatitis A dan B (Twinrix): Vaksin ini diberikan dalam tiga bagian dan saat selesai, vaksin ini akan menawarkan kekebalan terhadap hepatitis A dan B.

Tidak ada vaksin yang tersedia untuk mencegah  hepatitis C , D, atau E. Namun, hepatitis C saat ini dapat disembuhkan karena obat antivirus baru yang efektif.

Meskipun belum ada vaksin hepatitis D, virus penyebabnya sama dengan hepatitis B, sehingga mendapatkan vaksin hepatitis B juga memastikan bahwa infeksi hepatitis D tidak akan terjadi.

3. Ambil Tindakan Mencegah Hepatitis Ketika Traveling

Akses air bersih tidak universal, dan air yang terkontaminasi dapat menyebarkan hepatitis A dan E. Wisatawan Internasional dapat berkonsultasi dengan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit untuk mencari tahu tindakan pencegahan khusus yang mungkin diperlukan.

Perlu diingat bahwa ketika bepergian ke suatu daerah dengan pasokan air yang tidak aman, pencemaran air mungkin tidak terlihat dengan mata telanjang. Hindarilah air keran, es batu, buah-buahan dan sayuran mentah yang mungkin telah dicuci dalam air yang terkontaminasi.

Menyikat gigi atau mencuci dengan air yang terkontaminasi juga dapat meningkatkan Anda pada risiko terinfeksi. Gunakan air botol yang masih disegel untuk menyikat gigi serta hindari menelan air setiap saat Anda mandi atau berenang.

Dan jangan lupa untuk mencuci tangan secara teratur, karena sering mencuci tangan dapat membantu melindungi Anda terhadap jenis hepatitis A dan E. Jika air keran yang tersedia untuk mencuci kemungkinan terkontaminasi, gunakan pembersih tangan sebagai gantinya.

4. Praktek Seks Aman untuk Mengurangi Risiko Hepatitis

Meskipun kontak dengan darah adalah jalan utama penularan untuk beberapa jenis hepatitis, seperti hepatitis C, kontak seksual tanpa pelindung juga dapat meningkatkan risiko infeksi. Menggunakan kondom dan mempraktekkan seks yang lebih aman dapat meminimalkan risiko itu.

Orang-orang yang memiliki risiko tertinggi adalah:
  • Pasangan seksual yang terinfeksi
  • Pria yang berhubungan seks dengan laki-laki
  • Orang-orang dengan banyak pasangan seks

5. Hindari Berbagi/Meminjamkan Barang Pribadi

Lupakan apa yang Anda pelajari di TK: Jangan berbagi! Perilaku ini berisiko tinggi terhadap penularan hepatitis. Untuk alasan yang sama, pastikan bahwa setiap jarum yang digunakan untuk tato, tindik tubuh, atau akupunktur selalu steril. Gunakan jarum sekali pakai langsung dari paket yang belum dibuka.

Dan jika Anda hidup dengan seseorang yang memiliki hepatitis atau beresiko hepatitis, jangan pernah berbagi item perawatan pribadi Anda. Anggota rumah tangga orang yang memiliki hepatitis berada pada risiko tinggi untuk tertular, terutama jika mereka berbagi barang-barang perawatan pribadi, yang mungkin tidak terdeteksi adanya darah pada mereka. Ini termasuk pisau cukur dan sikat gigi.

6. Hindari Alkohol dan Narkoba

Tidak semua hepatitis disebabkan oleh virus, zat beracun untuk hati juga dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan hati. Jika Anda memiliki virus hepatitis, mengkonsumsi zat yang dapat meracuni hati Anda bisa membuat peradangan hati lebih buruk.

Racun untuk hati termasuk alkohol yang berlebihan dan obat-obatan seperti acetaminophen (Tylenol) bisa keras pada hati dan menyebabkan hepatitis.

Karena risiko untuk masalah hati selalu meningkat  dengan jumlah alkohol yang dikonsumsi), maka membatasi atau bahkan menghentikan mengkonsumsi dapat meringankan risiko Anda terhadap hepatitis.

Itulah Cara Melindungi Diri Dari Hepatitis yang bisa kami sampaikan, Apabila Anda menginginkan pengobatan hepatitis yang alami dan tanpa efek samping, KLIK DISINI >> Obat Hepatitis

Semoga bermanfaat :)
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar