Gejala dan Penyebab Jantung Bocor

Gejala dan Penyebab Jantung Bocor

Jantung bocor terjadi karena adanya lubang di jantung, masalah ini sering kali tidak terdeteksi karena jarang sekali menimbulkan tanda atau gejala khusus. Kondisi ini bisa terjadi pada semua orang tanpa disadari.

Pada orang dewasa, jantung bocor sering kali terjadi karena salah satu katup tidak dapat tertutup. Sedangkan pada anak-anak atau bayi, kasus jantung bocor bisa disebabkan karena lubang antara serambi kiri dan kanan tidak tertutup sempurna, walaupun ada juga anak-anak yang memiliki gangguan pada katup jantung. 

Jantung bocor adalah suatu kondisi di mana katup mitral jantung tidak menutup erat, sehingga darah mengalir kembali dalam hati. Akibatnya, darah tidak bisa bergerak melalui jantung atau ke seluruh tubuh Anda secara efisien, dan akan membuat Anda merasa lelah atau kehabisan napas.

Anda mungkin memerlukan operasi jantung atau mengganti katup untuk memperbaiki kebocoran parah atau regurgitasi. Jika tidak diobati, kondisi tersebut dapat menyebabkan gagal jantung atau masalah pada detak jantung (aritmia). Bahkan orang-orang tanpa gejala harus dilihat dan dievaluasi oleh seorang ahli jantung dan ahli bedah yang mengkhususkan diri dalam penyakit katup mitral untuk menentukan apakah intervensi dini bermanfaat.

Gejala dan Penyebab Jantung Bocor

Gejala

Tanda dan gejala jantung bocor tergantung pada tingkat keparahan dan seberapa cepat kondisi tersebut berkembang, Tanda dan gejala jantung bocor dapat meliputi:
  • Darah mengalir kembali pada hati
  • Sesak napas (dyspnea), terutama ketika Anda berbaring
  • Kelelahan, terutama pada saat aktivitas meningkat
  • Jantung berdebar-debar - sensasi detak jantung yang cepat
  • Kaki atau pergelangan kaki bengkak
Jantung bocor ringan berlangsung secara perlahan-lahan. Anda mungkin tidak memiliki gejala selama beberapa bulan atau bahkan tahun dan tidak menyadari bahwa Anda memiliki kondisi ini.

Jika Anda memiliki gejala diatas, Anda harus seger pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan agar dapat diketahui kepastiannya. Kadang-kadang indikasi pertama sebenarnya adalah komplikasi, termasuk gagal jantung, suatu kondisi di mana jantung Anda tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Penyebab

Jantung merupakan pusat sistem peredaran darah, terdiri dari empat ruang. Dua bilik atas (atrium) menerima darah. Dua bilik bawah (ventrikel) memompa darah.

Empat katup jantung membuka dan menutup untuk membiarkan darah mengalir dalam satu arah melalui hati. Katup mitral - yang terletak di antara dua ruang di sisi kiri jantung - terdiri dari dua kelepak jaringan disebut selebaran.

Katup mitral terbuka bila darah mengalir dari atrium kiri ke ventrikel kiri. Kemudian flaps mencegah darah yang baru saja ke dalam ventrikel kiri agar tidak kembali lagi.

Dalam kondisi jantung bocor, katup mitral tidak menutup erat. Sehingga pada setiap detak jantung, darah dari ventrikel kiri mengalir kembali ke atrium kiri bukannya bergerak maju ke aorta.

Penyebab jantung bocor

Penyebab jantung bocor diklasifikasikan menjadi primer dan sekunder. Jantung bocor primer disebabkan oleh kelainan pada katup mitral. Sedangkan jantung bocor sekunder disebabkan oleh kelainan pada ventrikel jantung kiri.

Kemungkinan penyebab jantung bocor meliputi:
  • Mitral valve prolapse. Dalam kondisi ini, lapisan dan saluran tendon seperti katup mitral melemah dan merenggang sehingga setiap kontraksi dari ventrikel kiri, daun katup menonjol (prolaps) ke atrium kiri. Cacat jantung umum ini mengakibatkan katup jantung tidak bisa menutup dengan erat dan menyebabkan regurgitasi.
  • Kerusakan pengikat jaringan. Seiring waktu, pengikat jaringan tutup katup mitral ke dinding jantung dapat meregang, terutama pada orang dengan prolaps katup mitral Kondisi ini dapat menyebabkan kebocoran yang cukup besar melalui katup mitral secara tiba-tiba dan mungkin perlu diperbaiki oleh operasi jantung.
  • Demam rematik. Komplikasi yang dapat merusak katup mitral, menyebabkan kerusakan katup jantung. Demam rematik jarang terjadi, tapi masih umum di negara-negara berkembang.
  • Endokarditis. Katup mitral mungkin akan rusak oleh infeksi selaput jantung (endokarditis) yang dapat melibatkan katup jantung.
  • Serangan jantung. Serangan jantung dapat merusak area otot jantung yang mendukung katup mitral, hal ini bisa mempengaruhi fungsi katup. Jika kerusakan cukup luas, serangan jantung dapat menyebabkan kematian mendadak dan kerusakan parah pada jantung.
  • Kelainan otot jantung (kardiomiopati). Seiring waktu, kondisi tertentu, seperti tekanan darah tinggi, dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras, secara bertahap hal ini dapat memperbesar ventrikel kiri jantung. Kondisi ini dapat meregangkan jaringan di sekitar katup mitral Anda, yang dapat menyebabkan kebocoran.
  • Trauma. Mengalami trauma, seperti kecelakaan mobil, dapat menyebabkan kerusakan pada katup mitral.
  • Cacat jantung bawaan. Beberapa bayi dilahirkan dengan cacat di dalam jantung mereka, termasuk katup jantung yang rusak.
  • Obat-obatan tertentu. Penggunaan obat-obatan jangka panjang dapat menyebabkan regurgitasi katup mitral, obat-obatan tertentu seperti yang mengandung ergotamine (Cafergot, Migergot) yang digunakan untuk mengobati migrain dan kondisi lainnya.
  • Terapi radiasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, terapi radiasi untuk kanker yang difokuskan pada daerah dada dapat menyebabkan kebocoran katup mitral.

Faktor risiko

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko kebocoran katup mitral, termasuk:

  • Sejarah prolaps katup mitral atau mitral stenosis katup. Riwayat keluarga penyakit katup juga dapat meningkatkan risiko.
  • Serangan jantung. Serangan jantung dapat merusak jantung Anda, yang mempengaruhi fungsi katup mitral.
  • Penyakit jantung. Bentuk-bentuk tertentu dari penyakit jantung, seperti penyakit arteri koroner, dapat menyebabkan regurgitasi katup mitral.
  • Penggunaan obat tertentu. Orang yang mengkonsumsi obat yang mengandung ergotamine (Cafergot, Migergot) dan obat-obatan serupa untuk migrain dan orang-orang yang menggunakan pergolide atau yang menggunakan kabergolin memiliki peningkatan risiko regurgitasi mitral.
  • Infeksi seperti endokarditis atau demam rematik. Infeksi atau peradangan dapat menyebabkan kebocoran katup mitral.
  • Penyakit jantung bawaan. Beberapa orang dilahirkan dengan katup mitral abnormal yang rentan terhadap kebocoran.
  • Usia. Pada usia pertengahan, banyak orang memiliki beberapa kebocoran katup mitral yang disebabkan oleh kerusakan katup jantung.

Komplikasi

Ketika itu ringan, katup mitral regurgitasi mungkin tidak menimbulkan masalah. Namun, kebocoran katup mitral parah dapat menyebabkan komplikasi berikut ini:
  • Gagal jantung. Gagal jantung terjadi ketika jantung Anda tidak dapat memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Kerusakan ini memberikan beban tambahan pada jantung. Hal ini dapat menyebabkan gagal jantung.
  • Tekanan di paru-paru, yang menyebabkan akumulasi cairan, yang mengakibatkan ketegangan sisi kanan jantung.
  • Fibrilasi atrium. Pembesaran peregangan dari atrium kiri jantung dapat menyebabkan ketidakteraturan detak jantung di mana ruang atas jantung Anda berdetak tidak teratur dan cepat. Fibrilasi atrium dapat menyebabkan pembekuan darah, yang dapat keluar hati dan masuk ke bagian lain dari tubuh. Hal ini menyebabkan masalah serius, seperti stroke jika terjadi pembekuan pembuluh darah di otak.
  • Hipertensi pulmonal. Anda dapat mengembangkan jenis tekanan darah tinggi yang mempengaruhi pembuluh di paru-paru (hipertensi pulmonal). Jantung bocor dapat meningkatkan tekanan di atrium kiri, yang akhirnya dapat menyebabkan hipertensi pulmonal. Hal ini dapat menyebabkan gagal jantung di sisi kanan jantung.
Baca Juga: Obat Jantung Bocor
Demikian informasi mengenai Gejala dan Penyebab Jantung Bocor yang kami sajikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda. Terimakasih.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar